Indikator
  • Undercontruction

Tingkatkan Potensi Desa, Kades Gelar Musdes

Home / Peristiwa - Daerah / Tingkatkan Potensi Desa, Kades Gelar Musdes
Tingkatkan Potensi Desa, Kades Gelar Musdes Desa Salopeng menggelar Musdes (Musyawarah Desa). (Foto: AJP TIMES Indonesia)

TIMESMADURA, SUMENEP – Kota Sumenep merupakan kota religi dan kota wisata. Di Desa Salopeng terdapat pantai dengan pasir putih nan lembut. Pohon kelapa menjulang tinggi menambah manis pemandangan alam. 

Tak hanya itu budaya tradisional masih kental terasa di Desa Salopeng. Bahkan mordernisasi belum masuk di desa yang terletak di barat daya Sumenep ini. 

Desa Salopeng menggelar Musdes (Musyawarah Desa), yang dilaksanakan oleh BPD (Badan Permusywaratan Desa) dengan pemerintah Desa guna untuk membahas hal-hal yang bersifat strategis, Selasa (12/9/2017). 

Pelaksanaan tersebut berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintah desa, pembinaan,dan pemberdayaan masyarakat Desa. 

Subagyo kepala Desa Salopeng menyampaikan musdes bertujuan agar Pemerintah Desa dapat merumuskan atau mewujudkan program-program Desa yang sudah tertuang dalam RPJM Desa. Termasuk proses penyusunan RKP Desa untuk tahun Anggaran berikutnya yang bersifat transparan, akuntabel. 

Selain itu, Subagyo menambahkan musdes ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat Desa agar masyarakat mempunyai peran aktif dalam bersama-sama membangun Desa kedepan untuk menjadi Desa Mandiri dan masyrakatnya lebih sejahtera. 

Jadi harapan dari Kepala Desa salopeng meminta pada masyarakat atau yang hadir pada musdes ini memberikan usulan atau ide-ide yang menjadi prioritas kebutuhan masyarakat salopeng betul-betul bisa terpenuhi dan tercover didalam APBDesa untuk tahun Anggaran 2018. 

Hal itu menjadi prioritas utama yang harus dilaksanakan oleh Desa itupun sudah tertuang dalam peraturan menteri Desa terbaru no.4 tahun 2017.  Yaitu mengenai pembangunan embung Desa, sarana olah raga, BUMDES, dan produk unggulan maka Desa harus melaksanakan salah satu dari empat prioritas itu. 

"Selain itu pembangunan fisik atau infrastruktur Desa jalan dan lain lain," ungkapnya. 

Senada dengan yang disampaikan oleh Pendamping Lokal Desa (PLD) Adi Santoso, Desa khususnya mengharapkan ke kepala Desa harus lebih koorperatif dan lebih ditingkatkan kinerjanya. Agar nantinya masyarakat bisa merasakan atau menikmati apa yang menjadi sebuah kebutuhan masyarakat desa selama ini.

"Apabila hal ini dilaksanakan sesuai dengan program yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat dan daerah, maka ketika terealisasi hal tersebut  masyarakat Desa salopeng ini khususnya pasti maju juga pun bisa menjadi desa mandiri," paparnya.

Musdes ini dihadiri oleh perangkat Desa, KPMD, LPMD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan perwakilan perempuan dari setiap Dusun, dan juga tidak lupa pendamping Profesional Desa baik dari PA, PD, PLD juga diberi kesempatan untuk hadir dalam Acara Musdes yg dilaksanakan oleh Kepala Desa Salopeng. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com