Putri Wapres RI Kagumi Batik Ciprat Karya Penyandang Disabilitas di Blitar

Home / Berita / Putri Wapres RI Kagumi Batik Ciprat Karya Penyandang Disabilitas di Blitar
Putri Wapres RI Kagumi Batik Ciprat Karya Penyandang Disabilitas di Blitar Puteri Wakil Presiden RI, Siti Nur Azizah Maruf, menyaksikan proses pembuatan batik ciprat oleh penyandang disabilitas di Yayasan Rumah Kinasih, Kabupaten Blitar, Sabtu (15/2/2020). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESMADURA, BLITARPuteri Wapres RI KH Maruf Amin, Siti Nur Azizah menyampaikan kekagumannya atas batik ciprat karya para penyandang disabilitas di Rumah Kinasih, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Kekaguman puteri ketiga Kyai Maruf ini disampaikannya saat mengunjungi sentra pembuatan batik ciprat yang berada di Desa Siraman,  Sabtu (15/2/2020). Azizah melihat langsung proses pembuatan batik yang seluruhnya dikerjakan oleh penyandang disabilitas.

"Ini sungguh luar biasa, memberikan kesempatan yang lebih luas kepada saudara saudara kita penyandang disabilitas," ujar Azizah.

Menurutnya, kegiatan membatik ini merupakan bagian dari upaya mengenali diri dan potensi yang bisa membawa penyandang disabilitas lebih maju lagi.

Ia menuturkan bahwa setiap manusia memiliki perbedaan. Namun perbedaan tersebut yang menjadikan rahmat bagi setiap umat manusia. Wadah seperti Rumah Kinasih, menurutnya, bisa meningkatkan kepercayaan diri bagi penyandang disabilitas lewat karya, seperti batik ciprat ini.

Selain itu, lanjut dia, melalui proses berkarya, kaum difabel menjadi lebih berkarakter dan mampu lebih berinteraksi dengan sesama. "Mereka lebih bisa beradaptasi dan juga lebih bisa berkolaborasi sehingga bisa menjadi SDM unggul seperti yang kita harapkan," ucapnya.

Perempuan yang mencalonkan diri pada Pilwalkot Tangerang Selatan 2020 ini berharap, upaya pemberdayaan disabilitas yang berhasil dilakukan di Kabupaten Blitar, dapat menginspirasi dan menular ke daerah lain.

Pada kesempatan itu, Siti Nur Azizah mengucapkan terima kasih kepada Polres Blitar dan Pemkab Blitar yang memberi dukungan luar biasa kepada para penyandang disabilitas.

"Saya berterima kasih kepada Kapolres AKBP Budi Hermanto dan ibu yang telah mengundang saya sehingga berkesempatan untuk melihat kehebatan saudara-saudara penyandang disabilitas," ucap Siti Nur Azizah, putri Wapres RI KH Maruf Amin usai melihat pembuatan batik ciprat di Rumah Kinasih, Kabupaten Blitar. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com