Memohon Turun Hujan, Ribuan Masyarakat Pamekasan Menggelar Shalat Istisqo

Home / Berita / Memohon Turun Hujan, Ribuan Masyarakat Pamekasan Menggelar Shalat Istisqo
Memohon Turun Hujan, Ribuan Masyarakat Pamekasan Menggelar Shalat Istisqo Suasana Shalat Istisqo yang berlangsung di Dusun Glugur 2 Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan.(Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)

TIMESMADURA, PAMEKASAN – Ribuan masyarakat di Pamekasan melaksanakan shalat Istisqo di Lapangan Garuda di dusun Glugur 2 Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Jumat (11/10/2019).

Shalat yang dimulai pada pukul 06.30 WIB tersebut diimami oleh RKH. Moh. Modasir Bruddin, Pengasuh Ponpes Fiftahul Ulum Panyepen, Pamekasan yang juga bertindak sebagai Khatib.

Dalam khutbahnya, RKH. Moh. Modasir Bruddin mengatakan shalat Istisqo adalah shalat sunnah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan.

Shalat ini biasa dilakukan warga Pamekasan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan/hajat oleh masyarakat banyak yang sekarang ini lagi kemarau panjang.

"Hujan adalah karunia Allah SWT yang besar. Segala kehidupan berasal dari air bahkan termasuk tubuh yang sehat dan kuat, Hukum shalat Istisqo adalah sunnah muakkadah bagi yang terkena musibah kelangkaan air untuk minum dan kebutuhan lainnya,” ujarnya.

Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa kemaksiatan adalah menjadi salah satu penyebab sehingga Allah SWT memberikan cobaan kepada umat manusia. "Salah satu cara meminta hujan adalah istighfar dan bertaubat kembali kepada syariat-syariat Allah, meninggalkan kemaksiatan-kemaksiatan sehingga membuka pintu rahmat Allah SWT," terangnya.

Pengasuh Ponpes Fiftahul Ulum Panyepen, Pamekasan ini berharap doa dalam shalat Istisqo ini dapat dikabulkan Allah SWT. “Semoga dengan adanya shalat Istisqo ini dapat memberikan petunjuk dan ampunan oleh Allah SWT dan juga dikabulkan permintaan memohon hujan," imbuhnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com