Harga Bibit Tembakau di Pamekasan Mencapai Rp 15 Ribu Per Seribu Batang

Home / Ekonomi / Harga Bibit Tembakau di Pamekasan Mencapai Rp 15 Ribu Per Seribu Batang
Harga Bibit Tembakau di Pamekasan Mencapai Rp 15 Ribu Per Seribu Batang Pedagang bibit tembakau tampak sibuk melayani pembeli di pasar tradisional waru Kabupaten Pamekasan.(Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)

TIMESMADURA, PAMEKASAN – Harga bibit tembakau yang dijual di tingkat pedagang Pasar Waru Kabupaten Pamekasan berkisar Rp15 ribu per seribu batang. Bibit tembakau ini banyak diminati para petani dari berbagai desa yang ada Kecamatan Waru dan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan. Petani membeli bibitnya sekitar enam bungkus hingga sepuluh bungkus. Satu bungkus berisi seribu batang bibit tembakau.

Sedangkan macam-macam bibit tembakau ada kasturi dan ada juga srintil. Harga dari kedua bibit ini sama yakni Rp 15 ribu per seribu batang.

Durahman, pedagang bibit tembakau asal Kecamatan Pasean mengatakan bahwa mulai awal Juni permintaan bibit tembakau merangkak naik.

"Jadi saya setiap hari membawa 100 bungkus bibit tembakau laku semua. Jadi memang permintaan bibit tembakau makin meningkat," ungkap Durahman pedagang bibit tembakau di Pasar Waru Pamekasan. Senin (10/6/2019).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa bibit tembakau yang dijual tidak berasal dari luar daerah. Semua bibit diambil dari Kecamatan Pasean.

Dia mengungkapkan bahwa dari asil penjualan bibit tembakau tersebut, setiap bulannya dirinya mengantongi penghasilan hingga Rp 1 juta.

Sementara itu, Akhmad, petani tembakau asal Desa Bujur Timur merasa bangga dengan adanya pedagang bibit tembakau yang berjualan di Pasar Waru Kabupaten Pamekasan.

"Di samping murah, bibit tembakau juga bagus-bagus,"sambungnya.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan bahwa lahan miliknya yang akan ditanami bibit tembakau seluas setengah hektare. "Jadi sekitar empat bulan sudah panen," tutupnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com