Bakar Kalori Lebih Banyak dengan Latihan Kaki

Home / Gaya Hidup / Bakar Kalori Lebih Banyak dengan Latihan Kaki
Bakar Kalori Lebih Banyak dengan Latihan Kaki Glutera News.

TIMESMADURA, JAKARTA – Biasanya ketika melakukan olahraga, orang-orang hanya berfokus pada mengecilkan perut dan mengencangkan lengan. Padahal, ada banyak manfaat melatih otot kaki yang lebih dari sekadar kesehatan saja. Seperti yang diketahui, kaki sangat mendukungmu dalam beraktivitas sehari-hari, sehingga menjaga otot kaki tetap kuat dan sehat perlu untuk dilakukan. 

Ada beberapa manfaat melatih otot kaki yang menarik untuk diketahui dengan penjelasan sebagai berikut ini.

1. Membakar kalori lebih banyak

Ketika seseorang ingin menurunkan berat badan, biasanya ia akan mencari olahraga yang mampu membakar kalori paling banyak dan cepat. Membakar kalori di tubuh diyakini sebagai cara efektif untuk menurunkan berat badan. Tidak heran jika jenis olahraga yang melatih otot kaki paling banyak membakar kalori lebih akan digandrungi orang-orang yang ingin lebih cepat langsing dan ideal.

Membuat berat badan menjadi ideal memang tidak mudah. Namun, tidak menutup kemungkinan siapapun bisa melakukannya termasuk bagi orang yang mengalami berat badan berlebihan. 

2. Memperkuat Fungsi Dasar Kaki

Dengan melatih otot kaki, kamu akan memperkuat fungsi dasar kaki untuk berjalan, berlari, dan “alat” tubuh untuk berpindah tempat. Melatih otot kaki akan membuatmu memaksimalkan fungsi kaki yang salah satunya juga adalah menopang tubuh dan sensor suhu tubuh. Otot kaki yang terlatih akan lebih sensitif dalam memberikan sinyal suhu yang aman untuk tubuh

3. Penyeimbang Tubuh

Coba bayangkan kalau seandainya kamu tidak memiliki otot kaki yang kuat? Otot kaki yang kuat sejatinya berfungsi sebagai penyeimbang dan penopang tubuh. Kamu tidak akan bisa melangkah, berjalan, bahkan berlari bila tidak memiliki otot kaki yang kuat. Kamu bisa berjalan tegak dan berdiri kokoh tidak lain karena adanya otot kaki.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Otot yang Lain

Melatih otot kaki juga dapat meningkatkan pertumbuhan otot yang lain. Memberikan banyak latihan pada kaki sejatinya secara tidak langsung melibatkan kerja otot-otot yang lain seperti otot panggul, pinggul, persendian, serta otot-otot lain yang bersinggungan dengan kerja otot kaki.

Semakin sering melatih otot, maka akan semakin tangguh juga otot, sehingga melepas hormon pertumbuhan untuk merangsang kerja regenerasi otot-otot yang lain. Situasi ini akan membuat otot lebih kuat dan lebih responsif terhadap rangsangan spontan.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Segala bentuk aktivitas otot dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Beberapa jenis latihan yang berfokus pada tubuh bagian bawah justru dapat meningkatkan metabolisme tubuh dua kali lebih banyak ketimbang aktivitas fisik lainnya.

Contoh jenis latihannya adalah squat, step-up, dan leg extension. 
Apa yang terjadi ketika sistem metabolisme tubuh meningkat? Ketika sistem metabolisme meningkat, maka tubuh akan membakar energi lebih cepat. Makanan yang masuk tidak akan menjadi lemak ketika kamu memiliki metabolisme tubuh yang baik.

6. Mendapatkan Tubuh yang Atletis

Manfaat melatih otot kaki yang lain adalah kamu bisa mendapatkan tubuh yang atletis. Atletis tidak hanya dari penampilan saja, tetapi juga fungsional, yaitu kamu bisa bergerak lebih lincah, fleksibel, dan aktif bergerak ketimbang mereka yang jarang melatih otot kakinya.

7. Meminimalisir Risiko Sakit Punggung

Tahukah kamu kalau otot tubuh bekerja secara terkoneksi? Ketika kamu melatih satu bagian, maka bagian yang lain akan mendapatkan rangsangan yang sama walaupun tidak seintens bagian utama yang dilatih. Ini dikarenakan sistem kerja otot yang terkoneksi satu sama lain, sehingga memberikan dampak secara keseluruhan.

Selain latihan squat atau pun latihan jenis lain yang bisa dilakukan tanpa berpindah tempat, kamu juga bisa melakoni jenis olahraga lain yang gerakannya juga bisa melatih otot kaki seperti berenang, lari, sepak bola, dan lain-lain. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com