Tak Hanya Hilangkan Stres ini Manfaat Lain Pelihara Tanaman Dalam Rumah 

Home / Gaya Hidup / Tak Hanya Hilangkan Stres ini Manfaat Lain Pelihara Tanaman Dalam Rumah 
Tak Hanya Hilangkan Stres ini Manfaat Lain Pelihara Tanaman Dalam Rumah  tanaman di dalam rumah dapat membantu hilangkan stres. (foto: furnizing)

TIMESMADURA, JAKARTATanaman dalam rumah kembali tren sejak beberapa tahun lalu. Daun monstera dan kaktus banyak dipilih keluarga milenial untuk menghias rumah.

Ternyata tanaman di dalam rumah tak hanya berfungsi untuk mempercantik ruangan saja. Lebih dari itu, tanaman dalam rumah ternyata baik untuk kesehatan.

Apa saja manfaat merawat tanaman di dalam rumah?

1. Memperbaiki Kualitas Udara

Oksigen yang dihasilkan tanaman dapat memperbaiki kualitas udara dalam ruangan. Tentunya disertai dengan rajin membuka jendela ruangan agar sirkulasi udara tetap terjaga. 

2. Baik untuk Kesehatan Mental

Berdasarkan peneliti dari Inggris, orang-orang yang tinggal di sekitar alam merasa lebih bahagia dibandingkan yang tidak. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang memelihara tanaman di dalam rumah.

Sebab akan merasa dekat dengan alam. Selain itu tanaman yang diam cenderung membuat penghuni rumah tenang dan tidak terburu-buru.

Tanaman juga melepaskan oksigen dan mengambil karbon dioksida, sehingga udara dalam rumah jadi lebih baik bagi kita.

Adanya lebih banyak oksigen artinya membuat tubuh bekerja lebih baik, termasuk otak. Otak melepaskan jenis-jenis hormon yang tepat sehingga membantu menjaga kesehatan mental.

Tumbuhan berbunga yang beraroma wangi juga bisa membantu menjaga kesehatan mental. Karena aroma bunga bisa membuat kita lebih rileks dan merasa bahagia.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Hal ini tentunya berhubungan dengan kesehatan mental. Jika kita lebih rileks dan memiliki kualitas tidur yang baik, ini akan bermanfaat pada sistem imun.

Kemudian, tanaman juga mengeluarkan beberapa senyawa ke udara, termasuk senyawa phytoncide.

Senyawa yang keluar dari  tanaman itu bisa membantu mengurangi stress. Ketika seseorang berkurang perasaan stresnya, maka inni bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuhnya.

4. Meningkatkan Kemampuan Belajar

Tanaman juga membantu meningkatkan kemampuan belajar, karena adanya tanaman di rumah juga bisa meningkatkan fokus dan pikiran yang jernih. Hal ini sangat membantu anak-anak di masa pandemi seperti saat ini, dimana belajar dilakukan dari rumah.

Sedangkan bagi orang dewasa tanaman membuat lebih tenang, sehingga tidak merasa khawatir. Ini meningkatkan fokus dan kemampuan untuk mempelajari sesuatu.

Menurut beberapa penelitian, perhatian seseorang meningkat 70 persen karena adanya tanaman dalam rumah. Semakin meningkatnya perhatian seseorang, ia akan semakin mudah mengingat.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com