Awas Mudah Robek, ini Tips Merawat Jas Hujan Agar Tetap Awet

Home / Gaya Hidup / Awas Mudah Robek, ini Tips Merawat Jas Hujan Agar Tetap Awet
Awas Mudah Robek, ini Tips Merawat Jas Hujan Agar Tetap Awet Ilustrasi (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESMADURA, JAKARTA – Saat musim penghujan, jas hujan menjadi barang wajib bagi pengendara motor. Sayangnya banyak pengendara yang asal dalam merawat jas hujan. Sehingga hampir setiap tahun membeli jas hujan baru, karena jas hujan lama rusak.

Selain memilih bahan yang tepat, jas hujan bisa awet jika Anda memperlakukannya dengan tepat.

Nah TIMES Indonesia memberikan tips merawat jas hujan agar awet.

1. Pertama, setelah digunakan, bersihkan permukaan jas hujan yang kotor dengan air bersih. Biasanya pada celana bagian bawah sering terkena cipratan air. Jika tidak tersedia air bersih, maka bisa gunakan lap sintetis untuk membersihkannya.

2. Kemudian keringkan atau angin-anginkan jas hujan setelah dipakai. Ingat, jangan langsung melipat dan menyimpan jas hujan dalam keadaan basah. Sisa air yang melekat pada permukaan jas hujan akan menempel dan menyulitkan Anda ketika akan menggunakannya kembali. Selain itu, sisa noda yang menempel dan mengering akan membuat jas hujan Anda terlihat kotor, kusam, dan tidak terawat. Jadi tidak rapi.

3. Hindari penggunaan deterjen saat mencucinya, karena dapat merusak kualitas bahan jas hujan itu sendiri. Air bersih dan sabun cuci piring lebih aman digunakan. Pada jas hujan dengan bahan karet cukup gunakan air dan lap basah. Karena sifat bahan karet sangat mudah dibersihkan.

4. Hindarkan jas hujan Anda dari sinar matahari secara langsung. Cukup gunakan gantungan baju dan angin-anginkan saja untuk mengeringkannya. Hal ini untuk menjaga kualitas bahan jas hujan agar tetap awet.

5. Ketika tidak digunakan, lipatlah jas hujan dengan rapi dan masukkan ke dalam tas khusus yang mudah dibawa. Atau pada saat musim hujan seperti sekarang, simpanlah jas hujan yang telah bersih di bawah jok atau di dalam boks motor Anda.

6. Jika jas hujan tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama, simpanlah jas hujan dalam keadaan bersih dan kering, masukkan ke dalam tas khusus, lalu letakkan di lemari atau tempat yang aman dari gigitan tikus.

Dengan menerapkan tips diatas, kini Anda tak perlu khawatir jas hujan rusak. Selamat mencoba! (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com