Langkah Meditasi yang Ampuh Mengatasi Stres

Home / Gaya Hidup / Langkah Meditasi yang Ampuh Mengatasi Stres
Langkah Meditasi yang Ampuh Mengatasi Stres Meditasi. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESMADURA, JAKARTA – Tekanan di tempat kerja, padatnya aktivitas, dan kurangnya istirahat bisa membuat seseorang mudah stres. Untuk mengatasi stres, Anda bisa melakukan meditasi. Meditasi telah dikenal selama ribuan tahun lama untuk menenangkan pikiran.

Berikut ini beberapa tahap dan cara meditasi yang benar, dilansir dari sehatq.com.

1. Pilih posisi ternyaman

Meditasi bisa dilakukan sambil duduk, entah itu di atas kursi, atau di permukaan seperti lantai. Intinya, Anda harus menentukan posisi ternyaman untuk bisa rileks namun tetap fokus.

Postur tubuh saat melakukan duduk dan bermeditasi ini sangat penting. Punggung Anda tidak boleh bungkuk. Tegakkan saja, agar fokus tetap terjaga dan tidak mengantuk.

Dengan posisi yang nyaman dan punggung yang tegak, tubuh Anda akan terbiasa untuk melakukan meditasi dalam jangka waktu yang lama.

2. Tutup mata

Menutup mata Anda dengan lembut merupakan salah satu kunci mendapatkan meditasi terbaik. Lemaskan segala otot pada muka Anda.

Pada tahap ini, fokus utamanya ialah membuat setiap bagian tubuh rileks. Jika Anda merasakan ketegangan di bagian tubuh tertentu, tarik napas dalam-dalam dan biarkan tubuh rileks.

3. Kosongkan pikiran

Ini adalah tahap meditasi yang mungkin akan sulit dicoba. Sebab, “mengosongkan” pikiran bukanlah hal mudah yang bisa dipelajari hanya dalam satu malam saja.

Inti dari tahap ini ialah mendapatkan “kesunyian” di dalam diri. Jika merasa kesulitan untuk menghilangkan segala macam pikiran dalam kepala Anda, jangan memaksakan diri. Orang yang sudah ahli meditasi saja, terkadang masih bisa terdistraksi dengan pikiran yang muncul tiba-tiba saat meditasi.

4. Jangan menyerah

Setelah ketiga tahap di atas telah Anda lakukan, tahap keempat sekaligus yang terakhir untuk mengatasi stres dengan meditasi ialah terus lakukan. Menutup mata merupakan “gerbang” untuk mendapatkan meditasi terbaik dengan melepaskan pikiran yang muncul di benak Anda. Jangan menyerah walau masih ada pikiran yang muncul tiba-tiba saat meditasi. Sebab, itu sangat manusiawi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com