Seri Pembuka MotoGP 2020 Qatar Dimajukan 2 Jam Lebih Awal

Home / Olahraga / Seri Pembuka MotoGP 2020 Qatar Dimajukan 2 Jam Lebih Awal
Seri Pembuka MotoGP 2020 Qatar Dimajukan 2 Jam Lebih Awal Sirkuit Losail, Qatar pada malam hari. (FOTO: motogp.com)

TIMESMADURA, JAKARTA – Seri pembuka MotoGP 2020 Qatar di sirkuit Losail, Qatar yang akan dimulai 8 Maret 2020 berubah. Jadwalnya dimajukan dua jam lebih awal.

Sirkuit Losail adalah satu-satunya yang menyelenggarakan balapan di malam hari. Biasanya akan dimulai pukul 20.00 waktu setempat.

Jika kali ini diajukan dua jam, maka diperkirakan dimulai pukul 18.00. Mungkin treknya masih akan sedikit panas setelah beberapa saat matahari tenggelam setelah menyinari kawasan itu dengan suhu panas.

Karena itu pada tahun 2007, Losail mengajukan diri untuk menjadikan balapan MotoGP di sana pada malam hari secara permanen. Karena jika dilakukan siang hari memiliki risiko pembalap menjalani balapan dalam cuaca 50 derajat Celsius.

Usulan mereka kemudian disetujui dengan resiko mereka menambahkan lampu yang padam saat itu. Lampu yang digunakan untuk balapan merupakan proyek pencahayaan sport permanen terbesar di dunia.

Akhirnya pada sejak Maret 2008, Sirkuit Losail menjadi sejarah MotoGP karena menyelenggarakan lomba balap motor bergengsi ini pada malam hari.

Perubahan jadwal itu mendapat sambutan positif dari sejumlah pebalap. Valentino Rossi misalnya, menganggap perubahan jadwal itu akan sedikit aman bagi pebalap dari musim-musim sebelumnya.

"Bagi saya ini tidak terlalu buruk. Pukul 18.00 sudah gelap di sini, yang merupakan hal penting, karena balapan digelar malam hari," ujar Rossi dikutip dari Marca.

Perubahan jadwal, kata Rossi, membuat trek akan sedikit lebih panas daripada musim-musim sebelumnya, yang artinya tingkat bahaya akan berkurang. "Meski begitu saya pikir tidak akan banyak berubah dari musim-musim sebelumnya," katanya.

Seri pembuka MotoGP 2020  Qatar di Sirkuit Losail, Qatar yang akan dimulai 8 Maret 2020 berubah, jadwalnya dimajukan dua jam lebih awal. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com