Sambut New Normal, Kemenpora RI Segera Terbitkan Protokol Kesehatan Bagi Atlet

Home / Olahraga / Sambut New Normal, Kemenpora RI Segera Terbitkan Protokol Kesehatan Bagi Atlet
Sambut New Normal, Kemenpora RI Segera Terbitkan Protokol Kesehatan Bagi Atlet Menpora RI Zainudin Amali. (Foto: Humas Kemenpora).
Fokus Berita

TIMESMADURA, JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI) bakal segera menerbitkan protokol kesehatan bagi para atlet Tanah Air. Hal ini ditujukan agar mereka dapat segera menggelar latihan menyusul penerapan tatanan kehidupan baru atau new normal.

Demikian disampaikan Menpora RI Zainudin Amali saat menjadi narasumber di acara Webinar Keolahragaan dengan tema PON dan Prestasi Olahraga di Era Pandemi Covid- 19, secara virtual yang berlangsung di Situation Room Lantai 9 Graha Pemuda, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (5/6/2020). 

"Untuk rumusan protokol keolahragaan akan dikoordinasikan dengan Kemenko PMK, Kemenkes, dan Gugus tugas Covid-19. Konsep protokol olahraga tatanan norma baru ini yaitu pemusatan latihan yang meliputi latihan mandiri dengan virtual atau latihan terisolasi dengan pembatasan ketat merujuk pada protokol keolahragaaan tatanan norma baru,” ucap Menpora. 

Dalam protokol tersebut, hal yang paling diatur adalah protokol olahraga masyarakat dan protokol bagi para atlet agar bisa kembali menggelar latihan maupun melanjutkan kompetisi olahraga nasional.

"Olahraga masyarakat seperti jalan sehat, senam bersama, bersepeda, saya kira kita harus ada protokolnya supaya teratur, tetap berolahraga, tetap produktif tapi protokol kesehatannya dijalankan," terangnya.

Sementara untuk olahraga prestasi, Kemenpora akan membuat protokol kesehatan secara umum, untuk detailnya Kemenpora menyerahkan kepada cabang olahraga yang lebih mengetahui.

Seperti diketahui, dalam kajian awal Kemenko Perekonomian dalam menyambut new normal, olahraga luar ruangan sudah diperbolehkan dihelat kembali pada fase ketiga atau 15 Juni 2020 yang tentunya dengan protokol kesehatan. Bahkan kompetisi sepakbola profesional Liga 1 dan Liga 2 2020 dikabarkan akan bergulir kembali pada Oktober mendatang.

Dikatan Menpora, protokol kesehatan sendiri bakal selesai satu hingga dua hari ke depan dan nantinya akan disebarkan kepada cabor-cabor. "(Protokol kesehatan) tunggu satu dua hari ini kita akan selesaikan, tinggal ada satu dua poin saja," kata Menpora.

Menpora telah berdiskusi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dalam merumuskan protokol kesehatan menyambut new normal di bidang olahraga.

"Kami juga akan koordinasikan dengan kementerian terkait, seperti Kemenkes, Kemenko PMK, BNPB dan berbagai sektor yang terkait dalam penanganan Covid-19," tandas orang nomor 1 di Kemenpora RI itu tentang protokol kesehatan bagi atlet pada era new normal. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com