Saldi Isra: Obesitas Regulasi Belum Terjadi

Home / Berita / Saldi Isra: Obesitas Regulasi Belum Terjadi
Saldi Isra: Obesitas Regulasi Belum Terjadi Hakim Konstitusi Saldi Isra (FOTO: Christie Stefanie/CNN Indonesia)

TIMESMADURA, JEMBER – Isu terjadinya obesitas regulasi dalam sistem hukum maupun birokrasi di Indonesia masih jadi momok yang mengerikan di masyarakat. Sebab, hal tersebut akan membuat sistem hukum yang berlaku kacau.

Namun Hakim Konstitusi Saldi Isra menyatakan bahwa dirinya tidak melihat adanya obesitas regulasi di Indonesia. Menurutnya, isu obesitas regulasi di Indonesia masih perlu dibuktikan, bukan hanya sekadar dari perkataan orang.

"Sepanjang yang saya amati tidak ada angka konsisten yang menyebut jumlahnya," kata Saldi saat dijumpai di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2017).

Saldi mengatakan, sampai sekarang informasi mengenai jumlah regulasi atau peraturan yang diterima publik masih simpang-siur. Saldi memaparkan bahwa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pernah menyebut ada 42.000 regulasi atau peraturan, lalu saat ini pemerintah kembali menyebut ada 62.000 regulasi yang perlu dirampingkan. 

"Jangan-jangan nanti ada yang menyebut 80.000, 100.000, dan segala macam," ucapnya. 

Guru Besar Universitas Andalas, Padang tersebut menuturkan bahwa hingga sekarang belum ada kajian khusus yang menerangkan tentang batas jumlah regulasi tertentu sampai disebut obesitas regulasi.

"Misalnya kalau sudah sampai 50.000 dianggap sudah over. Kalau jumlahnya, misalnya baru 10.000-20.000 regulasi, dianggap belum over. Nah, kita tak punya standar untuk mengatakan itu," ucapnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com