Peristiwa Penting 12 November, Meletusnya Indsiden Dili

Home / Berita / Peristiwa Penting 12 November, Meletusnya Indsiden Dili
Peristiwa Penting 12 November, Meletusnya Indsiden Dili Upacara pembukaan Asian Games XVI di Guangzhou, China, Jumat. (FOTO: Forum Detik)

TIMESMADURA, JAKARTA – Sebuah peristiwa kelam terjadi pada 12 November 1991 setelah sebuah demonstrasi oleh mahasiswa di Dili, Timor Timur berubah menjadi peristiwa berdarah.

Ketika itu, Tentara Indonesia menembaki para mahasiswa di Dili, Timor Timur yang melakukan aksi protes. Mahasiswa melakukan protes atas tindakan tentara yang sebelumnya dianggap telah menembak mati Sebastiao Gomes, salah seorang aktivis pro-kemerdekaan di Timor Timur. 

Aksi protes mereka terhadap pemerintahan Indonesia dilakukan pada prosesi penguburan Sebastio Gomes. Dalam prosesi pemakaman, para mahasiswa menggelar spanduk untuk meminta penentuan nasib sendiri dan kemerdekaan, menampilkan gambar pemimpin pro-kemerdekaan Xanana Gusmao. Saat itulah tentara melepaskan tembakannya.

Peristiwa itu menyebabkan 271 mahasiswa tewas, 382 orang terluka, dan 250 lainnya menghilang. Peristiwa itu kini dikenang dengan sebutan Insiden Dili.


Berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 12 November:

1293 - Menurut Kidung Harsa Wijaya, Nararya Sanggramawijaya menobatkan diri menjadi raja Majapahit yang pertama (tanggal 15 Kartika 1215 Saka) dengan gelar Kertarajasa Jayawardana.

1927 - Trotski dikeluarkan dari Partai Komunis; Stalin berkuasa penuh atas Uni Soviet.

1945 - Soedirman terpilih menjadi Panglima Besar TKR / Panglima Angkatan Perang RI pertama dan termuda melalui Konferensi TKR.

1991 - Insiden Dili: Tentara Indonesia menembaki mahasiswa Timor Timur; 271 orang tewas.

1996 - Insiden Saudi Arabian Airlines Penerbangan 763 dan Air Kazakhstan Penerbangan 1907 tabrakan di atas udara Charki Dadhi. Musibah pesawat terburuk dalam sejarah India. 349 orang tewas.

1998 - Bentrokan dengan aparat keamanan di jalan Sudirman dalam demonstrasi menentang Sidang Istimewa MPR. Seorang pelajar, Lukman Firdaus tewas.

2010 - Pembukaan Asian Games 2010 di Guangzhou, China. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com