Surga Tersembunyi, Pantai Kambaru Menyimpan Cerita Rakyat Sumba Timur

Home / Wisata / Surga Tersembunyi, Pantai Kambaru Menyimpan Cerita Rakyat Sumba Timur
Surga Tersembunyi, Pantai Kambaru Menyimpan Cerita Rakyat Sumba Timur Pesona Pantai Kambaru, Desa Praibokul, Kecamatan Katala Hamulimu, Kab. Sumba Timur NTT (FOTO: Yudi Rawambaku)

TIMESMADURA, SUMBA TIMUR – Pesona Pantai Kambaru yang terletak di Desa Praibokul, Kecamatan Katala Hamulimu, Kabupaten Sumba Timur NTT beegitu elok sehingga dikatakan sebagai surga tersembunyi yang menyimpan cerita rakyat nan sangat menarik.

Jika Anda berencana menikmati Pantai Kambaru, Anda dapat menempuh perjalanan dari Kota Waingapu menuju Desa Praibokul sejauh 60 km dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Menurut Pemerhati Wisata Sumba, Yudi Rawambaku, Pantai Kambaru menyimpan kisah rakyat bahwa di tempat itu ada seorang perempuan menikah dengan seorang laki-laki di mana si perempuan berasal dari Pulau Rote pada masa lampau.

"Di situ ada batu berbentuk Piramida yang bernama Watu Rambu Wotu (Batu Rambu atau perempuan dari Rote) yang pada masa lampau sebelum ia wafat memohon jenazahnya untuk dikuburkan di tepi pantai," ujarnya, Sabtu (6/6/2020).

Yudi menambahkan, ketika pengebumian telah selesai petir menyambar areal sekitar kuburan maka sebagian terpisah dari daratan dan menjulang ke laut seakan-akan Rambu pergi berlayar ke pulau Rote dengan permohonan Rambu diterima oleh Marapu Tanah Sumba.

Selain itu, kata Yudi, ketika berjalan di tepi Pantai Kambaru, kita dapat melihat rusa berkeliaran dengan kicauan burung Kakatua Sumba di sebuah kampung bernama Lailara, tempat diadakannya even budaya bernama Repit yang digelar tahunan pada Februari.

"Di situ ada upacara menjemur kain yang berumur ratusan tahun dengan memiliki banyak cerita panjang tapi lebih unik lagi jika datang pada musim penyu bertelur di Pantai Kambaru. Penyu-penyu itu berlarian menuju lautan. Memang sangat indah Pantai Kambaru," tutur Yudi Rawambaku. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com